Kamis, 26 Maret 2020

Pengusaha Batik Pancawati

UKM Batik Pancawati merupakan UKM yang memproduksi batik dari kota Bogor yang berdiri pada tahun 2015 serta di prakasai oleh Dina Ayu Widiastuti di usia 19 tahun. Awal berdirinya dilatarbelakangi oleh hobinya yang suka mendesain kemudian mendapat pelatihan selama 1 tahun dari kementerian Industri dan dilantik menjadi wirausaha. pada masa merintis usaha tersebut, mba Dina memproduksi sendiri kemudian menjualnya sendiri secara door to door.

Saat ini, alamat tempat produksinya berada di Kampung Batik Cibuluh, Jl. Neglasari I, RT.02/RW.04, Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. Produk yang dihasilkan yaitu batik cap standar, batik cap premium dan batik tulis. Area proses produksi berada di rumah-rumah warga sekitar yang menjadi kelompok pembatik. UKM Batik Pancawati proses produksinya dengan melibatkan masyarakat setempat dengan cara dibuat kelompok-kelompok, misalkan kelompok sedulur karena kelompok tersebut merupakan saudara yang tinggal dalam satu rumah sehingga disebut kelompok pembatik sedulur. Kegiatan yang dilakukan UKM Batik Pancawati selain produksi adalah pemberdayaan sosial dengan cara melakukan pelatihan membatik kepada warga sekitar, anak sekolah, panti asuhan, maupun di lapas-lapas perempuan.



 

Penjualannya bekerja sama melalui Dewan Kerajinan Nasional/DEKRANASDA (dengan cara dijual dipameran-pameran), secara offline (melalui toko yang berada di kawasan produksi) serta secara online (melalui instagram). Untuk mempromosikan Batik Pancawati, UKM Pancawati juga mengikuti fashion show batik, khususnya fashion show di kota bogor. Dalam sehari UKM Batik Pancawati, dapat memproduksi kurang lebih 20 batik. . Berikut adalah harga jual Batik Pancawati
1.      Batik Cap Standar = Rp 175.000 hingga Rp 225.000
2.      Batik Cap Premium = Rp 300.000 hingga Rp 350.000
3.      Batik Tulis = Rp 800.000 hingga Rp 3.500.000




Proses Pembuatan Batik Pancawati melalui sembilan tahapan. Berikut adalah tahap-tahap pembuatan batik cap..
1.      Pengukuran dan Pemotongan Kain


             Batik diukur sesuai dengan ukuran standar. Ukuran standarnya yaitu Batik Cap ukuran (2 x 1,15) meter, Batik Tulis ukuran (2,5 x 1,15) meter, 


2.      Pengecapan


            Pengecapan adalah proses mengecap kain menggunakan cap. Fungsinya sebagai pemberian pola dasar. 


3.      Pencoretan


             Pencoretan adalah pemberian warna pada pola dasar dengan menggunakan kuas/


4.      Di Blok


           Di Blok adalah proses warna hasil pencoretan dan hasil pengecapan ditutup atau dilapisi dengan menggunakan lilin agar saat proses celup dasar, warna tidak tercampur.


5.      Celup Dasar


     Celup Dasar adalah proses pewarnaan untuk menghasilkan warna dasar. Hasil proses celup dasar untuk setiap batik menghasilkan warna yang berbeda karena setiap pencelupan warna akan memudar.


6.      Penjemuran


           Penjemuran adalah proses kain yang sudah mengalami proses celup dasar dijemur hingga kering. 


7.      Pelorotan


     Pelorotan adalah proses merebus kain yang sudah kering dijemur. Fungsinya untuk menghilangkan lilin hasil proses di blok.


8.      Pembilasan
      Pembilasan adalah proses membilas kain hasil proses pelorotan, kemudian kain hasil pembilasan di cek apakah semua lilis hasil proses di blok, sudah hilang atau belum.
9.      Penjemuran Akhir


        Penjemuran adalah proses akhir yaitu kain yang sudah dicek dari hasil pembilasan dijemur. Setelah kering, siap untuk dijual maupun dipasarkan.


Tahap-Tahap tersebut juga dapat dilihat di link video berikut.

instagram batik pancawati
 Bukti foto kunjungan




       









0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design