Ringkasan eksekutif
Ringkasan
eksekutif merupakan ringkasan yang menjadi titik perhatian atau fokud utama
(highlight) dalam perencanaan bisnis atau tesis dari rencana. Ringkasan
eksekutif berisi ringkasan isi dan tujuan rencana bisnis yang telah selesai dan
mencakup seluruh poin kunci. Tujuan ringkasan eksekutif adalah
untuk memberikan gambaran perencanaan bisnis perusahaan yang kita buat kepada
pembaca. Ringkasan
Eksekutif menjelaskan tentang:
a. Mengapa anda atau perusahaan
sangat tertarik untuk bergelut dibidang ini.
b. Cara mengimplementasikan keinginan–keinginan
yang hendak yang hendak anda atau perusahaan capai.
Peluang Usaha
Pengertian peluang usaha menurut Robbin dan Coulter adalah
sebuah proses yang melibatkan individu atau kelompok yang menggunakan usaha dan
sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai taumbah guna memenuhi sebuah
kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan. Terdapat beberapa
ciri-ciri peluang usaha yang potensial, antara lain:
- Mempunyai nilai jual tinggi
- Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata
- Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar
- Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan
- Tidak terlalu banyak modal yang digunakan, investasinya tidak terlalu besar tetapi sangat berpotensi menguntungkan dan lain sebagainya.
Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan
oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka
punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke
konsumen atau perusahaan lain.
Dalam
melakukan promosi, pihak pemasaran akan menargetkan orang-orang yang sesuai
dengan produk yang dipasarkan. Contohnya adalah dengan melibatkan selebriti,
selebgram atau siapapun yang memiliki kepopuleran untuk mendongkrak atau
mempromosikan produk tersebut. Selain itu, pihak pemasaran memiliki tugas untuk
membuat kemasan atau desain yang menarik pada iklan sehingga akan banyak orang
yang tertarik.
Berdasarkan
hal tersebut, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen. Sehingga
konsumen akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan apa yang konsumen
butuhkan dan inginkan. Ketika pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan
akan mendapatkan banyak pembeli dan keuntungan bisa didapatkan.
Konsep produk
Konsep produk menegaskan bahwa
konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan kualitas atau mutu,
kinerja atau performa, ataupun fitur inovatif terbaik yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu, untuk
menunjang suatu produk agar sukses perlu didukung oleh harga, distribusi,
iklan, dan penjualan yang tepat.
Produk dan Teknologi
Produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan
perhatian, untuk dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi dan dapat memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen. Hubungan produk dengan teknologi di zaman
globalisasi ini bagi perusahaan adalah pemilihan teknologi
yang tepat untuk digunakan dalam proses produksi, dapat berdampak pada
efisiensi dan efektifitas dalam proses produksi sehingga dapat menghasilkan
produktivitas yang tinggi serta berpengaruh pula terhadap laba perusahaan.
Selain itu, memuktahiran teknologi sebagai fitur pada produk juga menjadi
alternatif yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen agar konsumen tidak jenuh
serta produk dapat bersaing dipasaran.
Aspek hukum dan peraturan
Hukum Bisnis adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan hukum, baik yang
tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur hak dan kewajiban yang timbul
dari suatu perjanjian-perjanjian maupun perikatan-perikatan yang terjadi dalam
praktek bisnis. Dalam rencana bisnis, aspek hukum bisnis ini perlu diperhatikan
agar pelaku bisnis memahami hak dan kewajibannya dalam praktek bisnis, sehingga
terwujud watak dan perilaku aktivitas di bidang bisnis yang berkeadilan, wajar,
dan dinamis (yang dijamin oleh kepastian hukum). Contoh ruang lingkup hukum
bisnis yaitu kontrak bisnis, jual-beli, bentuk-bentuk perusahaan, perusahaan
go public dan pasar modal, penanaman modal asing, dll
Aspek lingkungan dan
amdal
AMDAL merupakan kajian mengenai dampak
besar dan penting dari suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan pada
lingkungan hidup yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan tentang
boleh atau tidaknya suatu usaha atau kegiatan itu dilaksanakan. Pembuatan AMDAL
meliputi kegiatan pembuatan 5 (lima)
dokumen yang terdiri dari PIL (penyajian Informasi Lingkungan), KA (Kerangka
Acuan), ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan), RPL (Rencana Pemantauan
Lingkungan), dan RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan).
Aspek organisasi
Secara umum, organisasi dapat diartikan
sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu
hierarki sistematis dalam pembagian kerja dalam rangka mencapai tujuan yang
telah ditetapkan secara struktural dan sistematis. Dalam
bisnis, manfaat organisasi akan membuat bisnis kita semakin terarah dan rapi,
serta mudah dalam menemukan dan mengatur strategi agar bisnis berkembang dengan
cepat.
Aspek keuangan
Aspek keuangan merupakan salah satu aspek
penting dalam melakukan perencanaan bisnis. Perencanaan keuangan yang baik
dapat menjadi salah satu factor yang membuat rencana bisnis berhasil atau
sukses. Berbagai hal yang menyangkut keuangan perlu mulai dari awal
perencanaan, periode persiapan, pelaksanaan pembangunan proyek dan periode operasi
ketika usaha berjalan. Umumnya, periode tersebut dibagi menjadi dua yaitu
Periode Persiapan dan Periode Operasi. Implikasi keuangan periode persiapan
akan ter-cover dalam kebutuhan dana
investasi, sedangkan dalam masa operasi tercermin pada proyeksi rugi-laba,
proyeksi neraca, proyeksi arus kas dan proyeksi kemampuan melunasi pinjaman
serta tingkat pengembalian.
0 komentar:
Posting Komentar