Analisis
pasar
Analisis pasar merupakan
proses menganalisa atau proses penyelenggaran untuk mempelajari berbagai
masalah pasar. Analisis pasar mencangkup analisa mengenai lokasi pasar, luasnya
pasar, sifatnya pasar serta karakteristik pasar.
Segmentasi,
targeting, dan positioning
Segmentasi pasar
merupakan suatu proses membagi-bagi suatu pasar yang heterogen ke dalam
kelompok-kelompok pembeli atau konsumen yang memiliki ciri-ciri/sifat yang
homogen dan dapat berarti bagi perusahaan (Sofyan,2009) Sedangkan menurut
Kotler (2009), segmentasi pasar yaitu membagi pasar kedalam kelompok pembeli
yang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau perilakunya yang
mungkin membutuhkan bauran pemasaran yang terpisah.
Targetting atau
menetapkan pasar sasaran adalah tahap selanjutnya dari analisis segmentasi.
Produk dari targeting adalah target market (pasar sasaran), yaitu satu atau
beberapa segmen pasar yang akan menjadi focus kegiatan-kegiatan pemasaran.
Yang terakhir adalah
positioning merupakan keadaan perusahaan menyusun penawaran pasar untuk
menempatkan posisi bersaing dengan competitor
yang dapat tertanam di benak konsumen.
Forecasting
Forecasting
atau peramalan adalah penggunaan data masa lalu dari sebuah variabel atau
kumpulan variabel untuk mengestimasi nilainya di masa yang akan datang.
Peramalan menjadi dasar bagi perencanaan jangka panjang perusahaan. Salah satu
alasan utama melakukan riset pemasaran adalah mengeidentifikasi peluang pasar.
Setelah riset selesai, perusahaan harus mengukur dan memperkirakan ukuran,
pertumbuhan, dan potensi laba dari masing-masing peluang pasar.
Strategi
pemasaran
Marketing memiliki tujuan
untuk memastikan agar produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan dikenal
masyarakat sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari
penjualannya. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan strategi pemasaran untuk
dapat bersaing.
4P
(Product, Place, Promo danPrice)
Strategi pemasaran
memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yakni strategi pemasaran 4P.
Strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran yang terdiri dari product
(produk), price (harga), place (tepat) dan promotion (promosi)
yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar.
1) Product
Setiap
perusahaan harus bisa menentukan produk apa yang menjadi andalannya dan
bagamana cara mengembangkan produk andalannya tersebut. Misalnya dengan
menambah varian rasa, varian ukuran, varian bentuk dan juga varian kemasannya.
2) Price
Penentuan
harga produk sangat menentukan dalam kesuksesan proses penjualan. Tinggi
rendahnya harga selalu menjadi perhatian utama para konsumen saat mereka
mencari suatu produk
3) Place
Dalam
strategi pemasaran, adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah
satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin
strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan
berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha.
4) Promotion
Kegiatan
promosi bisnis merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan
sebuah usaha. Strategi promosi sering digunakan sebagai salah satu cara untuk
meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan,
sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi
juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya,
karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung
dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari
para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan.
0 komentar:
Posting Komentar