Rabu, 27 Mei 2020

Aspek Keuangan


Biaya produksi
Menurut Mulyadi (1995), biaya produksi adalah seluruh biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang siap untuk dijual.  Contoh biaya produksi adalah biaya bahan baku, pekerja, suplai barang, dan pengeluaran umum lainnya. 

Pengertian biaya
Definisi biaya memiliki dua pengertian berbeda, yaitu biaya dalam artian cost dan biaya dalam artian expense. Biaya atau cost adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu. Sementara, beban atau expense adalah biaya yang telah memberikan manfaat dan sekarang telah habis.

Biaya pembuatan produk
Biaya produksi adalah akumulasi dari semua biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau barang, sehingga dapat disebut juga sebagai biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan produk. Secara umum, production cost atau biaya produksi dapat dibedakan menjadi lima jenis yaitu:
  1. Biaya Tetap (Fixed Cost/ FC)
yaitu biaya pada periode tertentu dengan jumlah yang tetap dan tidak tergantung pada hasil produksi. Contoh, sewa gedung, pajak perusahaan, biaya administrasi, dan lain-lain.
  1. Biaya Variabel (Variable Cost/ VC)
yaitu biaya yang besarannya dapat berubah-ubah sesuai dengan hasil produksi. Artinya, semakin besar hasil produksi maka semakin besar biaya variabelnya. Contoh, biaya upaya pekerja, biaya bahan baku yang dikeluarkan berdasarkan jumlah produksi.
  1. Biaya Total (Total Cost/ TC)
yaitu total seluruh biaya tetap dan biaya variabel yang digunakan suatu perusahaan untuk menghasilkan barang jadi dalam satu periode tertentu.
  1. Biaya Rata-Rata (Average Cost/ AC)
yaitu besarnya biaya produksi per unit yang dihasilkan. Besar biaya rata-rata ini dihitung dengan cara membagikan total biaya dengan jumlah produk yang dihasilkan.
  1. Biaya Marjinal (Marginal Cost/ MC)
yaitu biaya tambahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu unit barang jadi. Biaya ini muncul ketika dilakukan perluasan produksi dalam rangka menambah jumlah barang yang dihasilkannya.

Harga pokok standard
Harga pokok standar merupakan harga pokok yang direncanakan untuk suatu produk pada kondisi operasi tertentu. Suatu harga pokok standar mempunyai dua komponen yaitu standar fisik dan standar harga. Standar fisik adalah kuantitas standar masukan perunit keluaran. Standar harga adalah perkiraan perunit masukan. Harga pokok produksi standar yang dibuat meliputi harga pokok bahan baku standar, biaya tenaga kerja langsung standar, dan biaya overhead pabrik standar.

Penentuan harga jual produk.
Harga jual produk merupakan harga produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen atau perusahaan kepada konsumen. Sebelum menentukan harga jual produk, dibutuhkan data-data berupa beberapa daftar budget pengadaan produk terlebih dahulu contohnya biaya pembelian bahan, biaya tenaga kerja, biaya mesin produksi, biaya promosi, biaya operasional, biaya lain-lain serta keuntungan yang ingin diperoleh. Selain itu juga dibutuhkan data riset mengenai harga jual dari competitor sehingga harga jual produk dapat bersaing dipasaran.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design