Rabu, 27 Mei 2020

Waralaba Dan Pemasaran Langsung


Pengertian waralaba
Waralaba atau lebih populernya disebut dengan Franchise (Bahasa Perancis) dan Franchaising (Bahasa Inggris) merupakan sebuah hak untuk menjual suatu produk atau jasa ataupun layanan. Sehingga dapat dikatakan bahwa waralaba adalah suatu hubungan kerja yang mempunyai kontrak atau perjanjian antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerima (franchise). Ketentuan hukum mengenai waralaba diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007. Terdapat beberapa jenis waralaba berdasarkan kriterianya, antara lain:
  • Waralaba Produk
Produk yang dijual dalam bentuk barang seperti makanan. Contoh jenis usaha waralaba produk antara lain yaitu Mc Donald, KFC, Kebab Turki, Cakekinia dan lain sebagainya.
  • Waralaba Jasa
Ini adalah jenis waralaba yang memberikan produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya adalah pada bidang pendidikan, studio photo atau jasa sewa video, jasa agen perjalanan dan travel.
  • Waralaba Gabungan
Produk yang dijual pada jenis waralaba ini adalah dalam bentuk barang dan jasa.

Resiko investasi dalam usaha waralaba
            Terdapat beberapa resiko investasi dalam usaha waralaba yaitu:
1. Risiko kehilangan uang
Para franchisee diharuskan membayar franchise fee sebagai persyaratan utama membeli franchise. Franchise fee bersifat non-refundable. Artinya, tidak bisa ditarik atau diambil kembali sesudah dibayarkan kepada franchisor. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan franchisee menghadapi risiko kehilangan sejumlah uang yang sudah dibayarkannya itu bila rupanya hak franchise yang dibelinya gagal di tengah jalan
2. Siap mengalami kerugian
Setiap usaha memiliki kemungkinan untuk mengalami kerugian, begitu pula dengan waralaba. Contohnya mungkin saja dimasa depan akan dituntut untuk mengucurkan dana tambahan supaya bisnis tetap berjalan.
3. Siap dikendalikan secara ketat oleh franchisor
Tidak sedikit franchisor yang menentukan semua hal secara sepihak, seumpama lokasi usaha, teritori yang dibiarkan, wujud desain outlet produk-produk atau jasa yang boleh dipasarkan, resep, bahan baku, dan metode Anda mengelola usaha.
4. Tidak dibiarkan memperpanjang perjanjian waralaba
Umumnya, semua franchise agreement usai dalam 5, 10, 15, atau 20 tahun. Serta ada kemungkinan dimasa yang akan datang, perpanjangan persetujuan waralaba tidak disetujui sesudah masa kontrak berakhir.
5. Konsumsi menurun
Setiap produk memiliki lifecycle. Ada kalanya produk akan mengalami penurunan, malah ditinggalkan konsumen. Sehingga diperlukan kehati-hatian ketika mendapati produk yang ditawarkan ternyata sudah banyak ditemui di pasar, tertinggal zaman atau pasarnya telah terlalu jenuh oleh kompetisi sehingga konsumsinya menurun.
6 Praktik tak wajar
Dibutuhkan kehati-hatian terhadap praktik hard sale atau cuma mencari untung sepihak dari franchisor. Sehingga dibutuhkan pengamatan terlebih dahulu terhadap kemampuan dan nama baik franchisor dalam memberikan dukungan jangka panjang yang berkelanjutan. Franchisor yang bagus akan menolong dan memberikan dukungan penuh pada Anda.

Persetujuan waralaba
Persetujuan waralaba mencangkup sebagai berikut.
a. Persetujuan berisi semua persyaratan spesifikasi dan kewajiban pemakai waralaba. Persyaratan yang bisa dipakai seperti panjang kontrak, finansial untuk menentukan harga, pembayaran royalti.
b. Masalah pemutusan perjanjian waralaba sering menyeret ke pengadilan sehingga persyaratan perlu lebih ketat.

Pengertian Pemasaran langsung
Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Menurut Kotler, Amstrong, Ang, Leong, Tan & Tse, ada beberapa bentuk direct marketing yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah Personal Selling, Telemarketing, Direct Mail, Catalog Marketing, Direct Respinse, Online Marketing, Television Marketing, Kiosk marketing.

Keuntungan dari pemasaran langsung
            Berikut adalah keuntungan dari pemasaran langsung.

1. Bagi Penjual

  • Memungkinkan pengujian media pemasaran dan pesan alternatif untuk menemukan metode yang paling efektif dan hemat
  • Dapat membuat penawaran dan strategi yang sulit ditiru oleh pesaing
  • Kemudahan dalam mengukur tanggapan atas promosi dan mengetahui jenis promosi yang paling efektif
  • Pemasaran langsung bisa diatur agar menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat
  • Dapat mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran

2. Bagi Konsumen Produk Eceran

  • Kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan hemat waktu karena bisa dilakukan di rumah
  • Konsumen memiliki kebebasan dalam memilih barang sesuai dengan kebutuhan dan dapat melihat harga melalui katalog atau di website
  • Pelanggan dapat melakukan pembelian barang untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain

3. Bagi Konsumen Produk Industri

  • Konsumen dapat mempelajari produk/ jasa yang ditawarkan dengan lebih seksama, sehingga akan lebih menghemat waktu karena tidak perlu bertemu dengan wiraniaga untuk penjelasan mengenai produk yang dijual

Teknik alternatif pemasaran langsung
Teknik alternatif pemasaran langsung yaitu:
·           Personal Selling
Personal selling merupakan contoh pemasaran langsung dimana proses dalam memasarkan produk dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka dengan calon pembeli.
·         Catalog Marketing
Catalog marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan katalog ke beberapa pasar dan target berbeda yang berada di tempat yang berlainan.
·         Telemarketing
Telemarketing merupakan salah satu kegiatan memasarkan produk dengan cara memanfaatkan telepon atau media komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk.
·         Online Marketing
Online Marketing termasuk pemasaran secara langsung karena dilakukan dengan cara melakukan promosi menggunakan media sosial dengan langsung menawarkan produk atau promo yang dibuat. Contohnya menggunakan Facebook Ads atau AdWords yang tentunya akan memberikan potensi pemasaran produk yang sangat besar. Kelebihan pemasaran langsung online marketing yaitu dapat memberikan pelayanan penuh dan juga jangkauan luas sampai kepelosok dunia.
·         Kios Marketing
Kios marketing merupakan jenis pemasaran produk yang berbasis online dan juga modern dengan cara melakukan sebuah mesin penerima pelanggan dari toko. Mesin tersebut diletakkan dibeberapa toko yang memungkinkan pelanggan agar dapat menentukan pemesanan pada mesin tersebut dan juga pelanggan dapat memilih produk, jenis, warna, dan motif yang diinginkannya.
·         Direct Mail Marketing
Direct mail marketing merupakan jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan beberapa pesan, penawaran, informasi produk serta brosur yang menarik kepada seseorang atau pasar yang berada di luar lingkup usaha.

Multi Level Marketing
Multi Level Marketing (MLM) adalah salah satu sistem pemasaran dengan memanfaatkan pelanggan sebagai jaringan distribusi. Istilah lain Multi Level Marketing adalah Network Marketing, Multi Generation Marketing dan Uni Level Marketing. MLM merupakan konsep pemasaran dengan cara memberikan kesempatan kepada konsumen atau pelanggan untuk terlibat sebagai penjual serta mendapat keuntungan pada garis kemitraannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design