Rabu, 27 Mei 2020

Pembiayaan Usaha Baru


Masalah dalam pencarian modal usaha
Beberapa masalah yang sering ditemui dalam pencarian modal usaha antara lain:
1.    Kurangnya ketajaman bisnis
Contohnya adalah tidak jeli melihat peluang, tidak dapat mengadaptasi masalah dengan baik. Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi kewirausahaan, wirausaha yang kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan.
2.   Kurangnya pengalaman bisnis.
Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan mengkoordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan.
3.    Harus dapat mengidentifikasi lebih dahulu kebutuhan modal
Umumnya, kebutuhan finansial maupun kebutuhan mesin serta kurangnya pengawasan  terhadap peralatan yang mengakibatkan penggunaan alat tidak efisien dan tidak efektif.
4.  Harus ada proyeksi laba dan proyeksi mengenai tingkat pengembalian investasi.
Kurang dapat mengendalikan keuangan. Agar perusahaan dapat berhasil dengan baik, faktor yang paling utama dalam keuangan adalah memelihara aliran kas. Mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat operasional perusahan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar.
5.   Harus ada identifikasi tujuan dari penggunaan modal usaha.
Tidak kompeten dalam manajerial. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor penyebab utama yang membuat perusahaan kurang berhasil.

Pembiayaan bisnis
Langkah awal sebelum melakukan pembiayaan bisnis seorang wirausaha adalah melakukan identifikasi terhadap usaha yang akan dijalankan serta identifikasi sumber pembiayaan. Identifikasi sumber pembiayaan terbagi kedalam dua bagian yaitu:
a. Internal (modal perusahaan)
b. Eksternal (investor, kredit bank

Mencari sumber pemodalan
Penilaian terhadap kelayakan usaha merupakan langkah yang dilakukan sebelun melakukan pencarian modal usaha.Pencarian sumber modal usaha tersebut berasal dari :
1. Modal perusahaan
2. Modal patungan (perusahaan dengan investor)
3. Modal dari investor
4. Modal pinjaman dari bank

Analisa peluang pokok dan penilaian perusahaan
Seorang wirausahawan perlu melakukan penilaian terhadap kinerja manajemen termasuk kepada seluruh anggota perusahaan penilaian hasil usaha dengan melakukan evaluasi pada laporan perusahaan, diantaranya seperti :
1. Laporan Laba/Rugi
Merupakan suatu gambaran salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan apakah suatu perusahaan mengalami laba atau rugi dalam satu periode akuntansi.
2. Laporan Neraca
Merupakan salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menunjukan keadaan keuangan secara sistematis dari suatu perusahaan pada saat tertentu dengan cara menyajikan daftar aktiva, utang dan modal pemilik perusahaan.
3. Laporan Perubahan Modal
Merupakan salah satu bentulk laporan keungan yang memberikan informasi tentang penyebab bertambah atau berkurangnya modal selama dalam masa periode tertentu.
4. Laporan Arus Kas
Menggambarkan adanya suatu penerimaan dalam aliran kas masuk perusahaan dari kegiatan perusahaan tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design