Rabu, 27 Mei 2020

Aspek Produksi & Teknologi


Pemilihan teknologi
Perkembangan zaman terutama di era globalisasi saat ini turut mempengaruhi kebutuhan konsumen yang semakin variatif. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan atau produsen juga di tuntut untuk berkembang, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Bagi perusahaan, pemilihan teknologi yang tepat untuk digunakan dalam proses produksi, dapat berdampak pada efisiensi dan efektifitas dalam proses produksi sehingga dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi serta berpengaruh pula terhadap laba perusahaan.

Perancangan proses produksi
Dalam proses produksi, perancangan dibutuhkan agar proses produksi yang dilakukan lebih tertata atau teratur. Perancangan proses produksi mencangkup beberapa tahapan yaitu:
1. seleksi proses yaitu merupakan serangkaian keputusan mengenai tipe atau jenis produksi dan peralatan yang digunakan.
2. keputusan seleksi proses yaitu tahapan memilih proses produksi apa yang akan digunakan.
3. Strategi proses produk adalah sebuah keputusan penting yang dilakukan oleh manajer operasi adalah menemukan cara produksi yang terbaik.
4. analisis proses produksi yaitu proses mengevaluasi proses produksi yang digunakan.

Penentuan mesin dan peralatan
Penentuan mesin dan peralatan dilakukan setelah proses pemilihan yang meliputi penentuan denah, jenis peralatan, fasilitas penunjang, dan design engineering yang diperlukan dalam menunjang kegiatan produksi sesuai dengan studi kelayakan yang direncanakan.

Tata letak pabrik
Layout atau tata letak pabrik didefinisikan sebagai tataletak/susunan fasilitas, mesin-mesin dan peralatan pabrik yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan dari perencanaan layout adalah untuk mendapatkan susunan tata letak yang paling optimal dari fasilitas-fasilitas produksi yang tersedia di dalam perusahaan. Dengan adanya susunan tata letak yang optimal tersebut diharapkan pelaksanaan proses produksi  dpat berjalan dengan efisien dan lancar.

Rencana produksi.
Rencana produksi merupakan strategi perusahaan yang akan dilakukan perusahaan dalam melakukan proses produksi dengan tujuan mencapai efektifitas dan efisiensi. Rencana produksi mencangkup aktivitas untuk menetapkan produk yang diproduksi, jumlah yang dibutuhkan, kapan produk tersebut harus selesai dan sumber-sumber yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design