Kamis, 28 Mei 2020

Suka Dan Duka Selama Menjalankan WFH atau Pembelajaran Jarak Jauh


Universitas Gunadarma berdasarkan Surat Edar Rektor Universitas Gunadarma Nomor 083/REK/UG/III/2020 melakukan pembelajaran jarak jauh untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19. Pembelajaran jarak jauh ini dimulai dari tanggal 18 Maret 2020 hingga 18 April 2020 yang kemudian diperpanjang dengan melakukan Ujian Tengah Semester (UTS) secara online hingga 20 Juni 2020.
Selama menjalankan pembelajaran secara online, saya sebagai mahasiswa pun dituntut untuk dapat belajar secara mandiri. Sebagai seorang mahasiswi terutama mahasiswi tingkat 4, penyebaran wabah ini pun menjadi challenge tersendiri sebab ada beberapa planning yang mundur, dimulai dari kesulitan untuk melakukan pengambilan data penelitian ke UKM yang nantinya data tersebut dibutuhkan untuk Capstone Project, pembuatan output berupa alat untuk Capstone Project yang tertunda, maupun kesulitan untuk mengerjakan tugas besar dari beberapa mata kuliah yang mengharuskan pengambilan data dengan cara kunjungan maupun pengukuran dimensi tubuh secara langsung terhadap subjek penelitian.
Bulan Ramadhan tahun ini pun terasa berbeda, Alhamdulillah setidaknya dengan adanya pembelajaran secara online atau work from home ini, bisa mendapatkan lebih banyak waktu untuk beribadah maupun mengikuti berbagai kajian online. Perayaan lebaran tahun inipun juga terdapat perbedaan, dikarena harus menerapkan social distancing sehingga keluarga besar tidak bisa berkumpul sehingga silaturahim pun dilakukan dengan bantuan teknologi seperti via whatsapp maupun via zoom.
            Selama masa pandemik ini, untuk mengusir rasa bosan, saya melakukan beberapa aktivitas di rumah yang mungkin bisa dijadikan tips kepada pembaca. Menonton film, membaca buku, memasak, ataupun menulis merupakan alternatif kegiatan yang saya lakukan. Selain dapat mengurangi kejenuhan, juga dapat menghilangkan stress, sebab jika kita merasa stress, maka imunitas tubuh dapat berkurang.
            Akhir kata, semoga pandemic ini cepat berlalu sehingga kita dapat beraktivitas diluar rumah. Aamiin..
Tetap semangat beraktivitas di rumah readers :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design