Kamis, 28 Mei 2020

Reportase: Bagaimana Keadaan Dunia Usaha Di Indonesia Saat Pandemi Covid-19?


Pandemic covid-19 yang terjadi, mengharuskan masyarakat untuk menerapkan social distancing atau pembatasan yang turut berdampak terhadap dunia usaha dan perekonomian yang menjadi melesu. Sebab, segala gerak atau aktivitas dibatasi sehingga para pengusaha tidak bisa berjualan secara langsung lagi. Contoh saat ini adalah semakin sedikitnya masyarakat yang pergi ke pusat perbelanjaan. Pandemi ini telah membuat jumlah pengunjung di mal-mal seluruh Indonesia menurun. Jumlah pengunjung tersebut menurun usai muncul anjuran dari pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah demi mencegah penyebaran virus. Kondisi tersebut, membuat pengelola mal banyak merugi dan memilih untuk menutup malnya. Bahkan ada beberapa beberapa usaha atau bisnis yang memilih untuk menutup usahanya dan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ke karyawan. Salah satu contohnya adalah Ramayana di City Plaza Depok yang mem-PHK pekerjanya.
Selain itu, dari sektor perhotelan dan transportasi juga mengalami keterpurukan. Banyak hotel yang menutup usahanya serta banyak maskapai-maskapai yang merugi akibat menurunnya jumlah penumpang. Beberapa maskapai juga merumahkan pilot dan karyawannya karena pendapatan yang menurun drastis. Penutupan juga terjadi untuk sektor restoran. Beberapa restoran yang di mal banyak yang tutup, dan hanya ada beberapa apa yang masih melayani order secara online.
Data dari hasil survei Bank Indonesia (BI) terhadap 3.719 pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia adalah terdapat penurunan kegiatan dunia usaha di Kuartal I 2020. Namun, terdapat beberapa sektor yang mampu bertahan. Sektor usaha yang bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, perikanan, listrik, air bersih, gas dan pengangkutan terutama ekspedisi. Sedangkan sektor usaha yang mengalami peningkatan saat pandemi Covid-19 adalah sektor makanan, retail, teknologi informasi & komunikasi serta kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design