Rabu, 27 Mei 2020

Menghitung Resiko Dalam Menjalankan Usaha Baru


Analisa Aspek keuangan
Aspek keuangan adalah salah satu parameter yang digunakan untuk menilai keuangan perusahaan secara keseluruhan. Aspek ini sama pentingnya dengan aspek lainnya, bahkan ada beberapa pengusaha menganggap justru aspek inilah yang paling utama untuk dianalisis karena dari aspek ini tergambar jelas hal-hal yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan, sehingga merupakan salah satu aspek yang sangat penting
Secara umum, penilaian dalam aspek keuangan meliputi hal-hal seperti :
1.      Sumber-sumber dana yang akan diperoleh.
2.      Kebutuhan biaya investasi.
3.      Estimasi pendapatan dan biaya investasi selama beberapa periode termasuk  jenis-jenis dan jumlah biaya yang dikeluarkan selama umur investasi.
4.      Proyeksi neraca dan laporan laba/rugi untuk beberapa periode kedepan.
5.      Kriteria penilaian investasi.
6.      Rasio keuangan yang digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan.

Analisa potensi pasar
Analisis Potensi Pasar atau sering disebut (Market Share Perusahaan) adalah proporsi kemampuan perusahaan terhadap keseluruhan penjualan seluruh pesaing, termasuk penjualan perusahaan itu sendiri. Umumnya, tingkat market share ditunjukan dan dinyatakan dalam angka prosentase. Berdasarkan hal tersebut, tingkat market share umumnya digunakan sebagai pedoman atau standart keberhasilan pemasaran perusahaan dalam kedudukannya dengan pesaing-pesaingnya.

Analisa produk
Analisis produk adalah pengujian produk dengan melihat beberapa aspek spesifikasi produk sebagai indikator yang harus ada pada suatu produk. Umumnya analisis produk meliputi pengujian structural, uji mesin, pengujian bahan kimia maupun berbagai pengujian lainnya yang terkait dengan produknya. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk telah siap untuk diluncurkan ke pasar. Sehingga meminimalisir kemungkinan dampak masalah yang disebabkan oleh produk tersebut.

Analisa pelanggan
Analisis pelanggan adalah kegiatan yang dilakukan produsen untuk menganalasis segala sesuatu yang dibutuhkan pelanggan dan memahami karakteristik pelanggan, seperti ; penggolongan pelanggan, pola konsumsi, perilaku, motif pelanggan dan kebiasaan pelanggan. Dalam melakukan analisis pelanggan penjual harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat memuaskan pelanggan yaitu :
1.      Pelayanan
Pelayanan terhadap pelanggan adalah modal yang berperan penting untuk meningkatkan penjualan. Pelayanan merupakan salah satu indicator dari kepuasan konsumen
2.      Mutu Produk
Pelanggan akan merasa puas jika produk yang dijual sangat membantu dalam kehidupan pelanggan. Jika pelanggan telah merasa puas maka pelanggan tidak akan berhenti mengkonsumsi produk kita.

Analisa Pesaing usaha
Analisis pesaing adalah bidang analisa strategis yang berfokus pada pengumpulan dan analisis informasi tentang perusahaan pesaing. Kemampuan menilai competitor atau perusahaan pesaing merupakan salah satu factor yang menentukan keberhasilan produk perusahaan dipasaran. Umumnya, analisa persaingan dilakukan dengan mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.

Analisa bahan baku/bahan produksi
Dalam perusahaan, kelancaran proses produksi dipengaruhi oleh persediaan bahan baku. Apabila persediaan bahan baku berjalan lancar maka proses produksi juga akan berjalan lancar, sebagai contoh apabila persediaan bahan baku dalam proses produksi tidak tersedia dengan cukup maka akan mengganggu kegiatan produksi dan berdampak terhadap penurunan hasil produksi. Proses produksi tidak berjalan dengan lancar maka tujuan perusahaan tidak akan tercapai.
Berdasarkan hal tersebut, penting bagi setiap jenis perusahaan mengadakan pengawasan atau pengendalian atas persediaan, karena kegiatan ini dapat membantu agar tercapainya efisiensi penggunaan dalam persediaan bahan baku. Kegiatan pengendalian persediaan bahan baku mengatur tentang pelaksanaan pengadaan bahan baku yang diperlukan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan serta dengan biaya minimal, yang meliputi masalah pembelian bahan, menyimpan dan memelihara bahan, mengatur pengeluaran bahan saat bahan dibutuhkan dan juga mempertahankan persediaan dalam jumlah yang optimal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design