Rabu, 27 Mei 2020

Cara Menyusun Rencana Bisnis

Ringkasan eksekutif
            Ringkasan eksekutif merupakan ringkasan yang menjadi titik perhatian atau fokud utama (highlight) dalam perencanaan bisnis atau tesis dari rencana. Ringkasan eksekutif berisi ringkasan isi dan tujuan rencana bisnis yang telah selesai dan mencakup seluruh poin kunci. Tujuan ringkasan eksekutif adalah untuk memberikan gambaran perencanaan bisnis perusahaan yang kita buat kepada pembaca. Ringkasan Eksekutif menjelaskan tentang:
a.    Mengapa anda atau perusahaan sangat tertarik untuk bergelut dibidang ini.
b.  Cara mengimplementasikan keinginan–keinginan yang hendak yang hendak anda atau perusahaan capai.
 
Peluang Usaha
Pengertian peluang usaha menurut Robbin dan Coulter adalah sebuah proses yang melibatkan individu atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai taumbah guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan. Terdapat beberapa ciri-ciri peluang usaha yang potensial, antara lain:
  • Mempunyai nilai jual tinggi
  • Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata
  • Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar
  • Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan
  • Tidak terlalu banyak modal yang digunakan, investasinya tidak terlalu besar tetapi sangat berpotensi menguntungkan dan lain sebagainya.

Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain.
Dalam melakukan promosi, pihak pemasaran akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Contohnya adalah dengan melibatkan selebriti, selebgram atau siapapun yang memiliki kepopuleran untuk mendongkrak atau mempromosikan produk tersebut. Selain itu, pihak pemasaran memiliki tugas untuk membuat kemasan atau desain yang menarik pada iklan sehingga akan banyak orang yang tertarik.
Berdasarkan hal tersebut, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen. Sehingga konsumen akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan dan inginkan. Ketika pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli dan keuntungan bisa didapatkan.

Konsep produk
Konsep produk menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan kualitas atau mutu, kinerja atau performa, ataupun fitur inovatif terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu, untuk menunjang suatu produk agar sukses perlu didukung oleh harga, distribusi, iklan, dan penjualan yang tepat.

Produk dan Teknologi
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi dan dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hubungan produk dengan teknologi di zaman globalisasi ini bagi perusahaan adalah pemilihan teknologi yang tepat untuk digunakan dalam proses produksi, dapat berdampak pada efisiensi dan efektifitas dalam proses produksi sehingga dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi serta berpengaruh pula terhadap laba perusahaan. Selain itu, memuktahiran teknologi sebagai fitur pada produk juga menjadi alternatif yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen agar konsumen tidak jenuh serta produk dapat bersaing dipasaran.

Aspek hukum dan peraturan
Hukum Bisnis adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan hukum, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur hak dan kewajiban yang timbul dari suatu perjanjian-perjanjian maupun perikatan-perikatan yang terjadi dalam praktek bisnis. Dalam rencana bisnis, aspek hukum bisnis ini perlu diperhatikan agar pelaku bisnis memahami hak dan kewajibannya dalam praktek bisnis, sehingga terwujud watak dan perilaku aktivitas di bidang bisnis yang berkeadilan, wajar, dan dinamis (yang dijamin oleh kepastian hukum). Contoh ruang lingkup hukum bisnis yaitu kontrak bisnis, jual-beli, bentuk-bentuk perusahaan, perusahaan go public dan pasar modal, penanaman modal asing, dll

Aspek lingkungan dan amdal
AMDAL merupakan kajian mengenai dampak besar dan penting dari suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan tentang boleh atau tidaknya suatu usaha atau kegiatan itu dilaksanakan. Pembuatan AMDAL meliputi  kegiatan pembuatan 5 (lima) dokumen yang terdiri dari PIL (penyajian Informasi Lingkungan), KA (Kerangka Acuan), ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan), RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan), dan RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan).

Aspek organisasi
Secara umum, organisasi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu hierarki sistematis dalam pembagian kerja dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara struktural dan sistematis. Dalam bisnis, manfaat organisasi akan membuat bisnis kita semakin terarah dan rapi, serta mudah dalam menemukan dan mengatur strategi agar bisnis berkembang dengan cepat.

Aspek keuangan
Aspek keuangan merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan perencanaan bisnis. Perencanaan keuangan yang baik dapat menjadi salah satu factor yang membuat rencana bisnis berhasil atau sukses. Berbagai hal yang menyangkut keuangan perlu mulai dari awal perencanaan, periode persiapan, pelaksanaan pembangunan proyek dan periode operasi ketika usaha berjalan. Umumnya, periode tersebut dibagi menjadi dua yaitu Periode Persiapan dan Periode Operasi. Implikasi keuangan periode persiapan akan ter-cover dalam kebutuhan dana investasi, sedangkan dalam masa operasi tercermin pada proyeksi rugi-laba, proyeksi neraca, proyeksi arus kas dan proyeksi kemampuan melunasi pinjaman serta tingkat pengembalian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I am still learning Template by Ipietoon Cute Blog Design